Cangkrukan Gayeng

Pitu- Cangkrukan Gayeng merupakan salah satu terobosan inovasi dari Kecamatan Pitu. Kegiatan ini merupakan bagian dari budaya sekaligus ajang diskusi yang tiada sekat atau sifatnya nonformal tanpa ada hirarki, akan tetapi hasil diskusi tersebut bisa bersifat memberi solusi. Cangkrukan ini sebagai media komunikasi dua arah antara pimpinan dan staf membahas seputar kegiatan yang akan berlangsung. Informasi mengalir dari penyampai informasi ke penerima dan adanya respon dari penerima yang langsung disampaikan ke pengirim, dan tentunya diselingi guyonan khas cangkrukan.

Seperti hari ini, selepas apel pagi lanjut cangkrukan gayeng dengan tema rencana pelaksanaan lomba 10 program pokok PKK yang akan dilaksanakan bulan Oktober di Desa Banjarbanggi. Bapak Camat Pitu Drs. Suparto menyampaikan kegiatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) di Desa Banjarbanggi perlu dilengkapi dan desa perlu didorong untuk peduli terhadap Toga. Karena selain indikator penilaian, Toga mempunya manfaat sebagai pendukung dalam menciptakan kesehatan dan kesejahteraan keluarga antara lain sebagai sarana untuk memperbaiki gizi keluarga, menambah penghasilan keluarga, meningkatkan kesehatan lingkungan, serta melestraikan tanaman obat dan budaya bangsa. Kemudian dari yang mengikuti cangkrukan menanggapi dengan memberi masukan dan ide spontan yang perlu dilaksanakan. Akhirnya dari pihak BPP Pertanian yang hadir Sdr. Jito menyanggupi untuk mensupport kegiatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) di Desa Banjarbaggi agar sesuai yang diharapkan.

Selain itu pada kesempatan tersebut, Sekretaris Kecamatan Pitu memberikan motivasi kepada staf kecamatan yang mengikuti untuk terus belajar terkait teknologi. Karena perkembangan zaman yang cepat menuntut semuanya untuk terus belajar dan belajar. Termasuk dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Pitu. Tentunya terdapat nilai positif yang bisa diambil dari budaya cangkrukan ini adalah merekatkan solidaritas, kebersamaan, dan membuka ruang-ruang diskusi yang relatif cair dan tanpa hirarki yang ketat.(AR7)

Author: Admin Saja

Salah satu Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Ngawi dan diresmikan sejak tanggal 25 Januari 1983