Bimbingan Teknis Sipitulung

Pitu- Setelah Sistem Informasi Pitu Layanan Langsung (Sipitulung) dilaunching, (Rabu 26/10/2022) langsung dilaksanakan bimbingan teknis (bimtek) pengoperasian Sipitulung di Pendopo Kecamatan Pitu. Bimtek tersebut langsung dipandu oleh Sekretaris Kecamatan Pitu Ardiansyah, S.STP, M.H dan diikuti oleh operator layanan kecamatan, operator KUA dan perangkat desa yang menjadi operator layanan desa. Bimtek kali ini adalah tahap pengenalan Sipitulung, menurut Ardiansyah agar operator layanan mengetahui layanan apa saja yang ada dalam sistem tersebut.

Dengan tampilan Sipitulung yang user friendly dan berbasis web, diharapkan operator layanan mudah mengoperasikan sistem tersebut. Ada 5 (lima) jenis layanan administrasi kecamatan yang dilaksanakan dari desa serta KUA dan berakhir di Kecamatan, antara lain Surat Keterangan Dispensasi Nikah, Surat Keterangan Domisili Ormas, Surat Pernyataan Miskin, Surat Keterangan Ahli Waris dan Surat Ijin Resepsi/ Hajatan.

Menurut Ardiansyah, sistem ini memang belum sempurna, jadi dalam bimtek ini juga menerima saran masukan dari para operator layanan untuk pengembangan lebih lanjut agar lebih baik. Dan juga nanti ada Surat Keputusan Camat tentang Standart Operasional Prosedur Pelayanan Online Sipitulung ini. (AR7)

Author: Admin Saja

Salah satu Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Ngawi dan diresmikan sejak tanggal 25 Januari 1983