Launching Integrasi Layanan Primer (ILP) Kabupaten Ngawi “Menuju Ngawi Sehat, Masyarakat Sejahtera”

Launching Integrasi Layanan Primer (ILP) Kabupaten Ngawi berlangsung hari Rabu 11 September 2024 di halaman Kantor Desa Simo, Kecamatan Kwadungan. Acara ini menandai dimulainya pelaksanaan program layanan kesehatan terpadu di tingkat primer, dengan tujuan untuk mendekatkan dan mempermudah akses layanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Ngawi.

Dihadiri oleh berbagai pihak diantaranya Forkopimda Ngawi, Camat Se-Kabupaten Ngawi, Kepala Puskesmas Se- Kabupaten Ngawi, Seluruh Kepala Desa di Wilayah Kecamatan Kwadungan, Pangkur dan Geneng, Ketua TP-PKK Kabupaten Ngawi, Ketua TP-PKK Kecamatan Se-Kabupaten Ngawi, Forum Koordinasi Pimpinan di Kecamatan Kwadungan, Ketua IDI Kabupaten Ngawi, Ketua IBI Kabupaten Ngawi, Ketua PPNI Kabupaten Ngawi, Ketua Muslimat NU Cabang Ngawi, dan Ketua Aisyiyah Cabang Ngawi

Dalam sambutannya Kadinkes Ngawi dr. Yudoyono mengatakan Pelaksanaan Integrasi Layanan Primer (ILP) di Kabupaten Ngawi telah dimulai sejak awal Juni 2024. Program ini bertujuan untuk lebih mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sehingga akses terhadap layanan kesehatan menjadi lebih mudah dan terjangkau. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Ngawi.

Sedangkan sambutan Kepala Balai Kemenkes Yogyakarta dr. Moch Budi Hidayat M.Kes mengatakn Pelayanan primer merupakan layanan yang paling dekat dengan masyarakat dan memainkan peran penting dalam memastikan akses kesehatan yang cepat dan tepat sasaran. Dr. Moch. Budi Hidayat sangat mengapresiasi pelaksanaan program ini, terutama karena 24 Puskesmas di Kabupaten Ngawi sudah menerapkan dan melaksanakan ILP di masing-masing unit layanan. Hal ini menunjukkan komitmen yang kuat dari Kabupaten Ngawi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan primer.

Bupati Ngawi H. Ony Anwar Harsono, St MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kementerian Kesehatan terus melakukan upaya dan transformasi dalam meningkatkan layanan kesehatan di seluruh Indonesia. Kabupaten Ngawi mendukung penuh transformasi ini dan siap berintegrasi dalam memberikan layanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat. Bupati juga berharap agar kepala desa dapat berperan aktif dalam melakukan mitigasi dan sosialisasi di wilayah masing-masing serta selalu bersinergi dan berkomitmen bersama Dinas Kesehatan dalam menjalankan program-program kesehatan yang ada.

Launching Integrasi Layanan Primer (ILP) Kabupaten Ngawi merupakan langkah strategis dalam memperkuat akses dan kualitas layanan kesehatan di tingkat primer. Dengan dimulainya pelaksanaan ILP sejak Juni 2024, acara ini menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah, tenaga kesehatan, dan masyarakat. Dengan adanya program ILP, Kabupaten Ngawi berkomitmen untuk membangun masyarakat yang lebih sehat melalui pelayanan kesehatan yang lebih dekat, mudah diakses, dan berkualitas.

Camat Pitu selaku OPD di Kecamatan Pitu beserta Ibu Ketua TP PKK dan Kapus Pitu ikut berperan serta hadir dalam acara tersebut. Sesuai arahan dari Bupati Ngawi bahwa Kabupaten Ngawi mendukung penuh program ini dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat, maka Camat Pitu berkomitmen mengajak kepala Desa, puskesmas maupun stakeholder lainnya untuk bersinergi dalam penanganan kesehatan masyarakat di wilayah kecamatan Pitu.

Author: Admin Saja

Salah satu Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Ngawi dan diresmikan sejak tanggal 25 Januari 1983