Musyawarah Kecamatan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Pitu Berjalan dengan Tertib

Sebagai agenda 5 tahunan MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kecamatan Pitu mengadakan musyawarah kecamatan pada Rabu 18 September 2024 bertempat di Aula Kecamatan Pitu yang dihadiri oleh Ketua MUI Kab. Ngawi yang diwakili oleh Sekretaris Umum MUI Kab. Ngawi Bpk. Farug, S.Ag, Forpimcam Pitu, lintas sektor di lingkungan Kecamatan Pitu dan para Pengurus MUI Kabupaten Ngawi, serta ulama dari berbagai organisasi. Pada acara pembukaan diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur`an, menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjukan dengan sambutan- sambutan. Dalam sambutannya Sekretaris Umum MUI mengingatkan kepada seluruh Dewan Pengurus MUI Kecamatan Pitu bahwa kehadiran MUI di tengah masyarakat mempunyai beberapa peran penting, yakni pertama sebagai waratsatul anbiya, menyebarkan dan memperjuangkan terwujudnya kehidupan sehari-hari yang diwarnai dengan ajaran agama Islam secara arif dan bijaksana. Kedua, sebagai penegak amar ma’ruf nahi munkar, MUI harus aktif menyampaikan dakwah dan syi’ar agama terutama dalam menyuarakan kebenaran dan menyerukan untuk menghindari kebatilan dengan cara penuh hikmah, mau ‘izdoh dan hasanah. Ketiga sebagai khodimul ummah / pembimbing dan pelayan ummat, MUI dapat berperan dalam menyampaikan harapan dan aspirasi ummat, termasuk memperjuangkan aspirasi ummat terkait hubungannya dengan pemerintah dan keempat sebagai at-tajdid wal ishlah / pelopor gerakan tajdid dan perbaikan ummat, MUI harus melakukan dinamisasi pemikiran Islam di kalangan masyarakat, berperan sebagai pelopor perbaikan ummat dalam berbagai keadaan seperti pendamai perbedaan pendapat di kalangan ummat Islam, hingga berusaha terus-menerus dalam menyatukan ummat, berperan menjaga hubungan baik antar kelompok masyarkat dan menjaga kerukunan antar ummat beragama.

Selanjutnya Camat Pitu, Peggy Yudo Subekti, S.STP, M.H dalam sambutannya menyampaikan selamat datang pada semua peserta musyawarah dan terima kasih telah menggunakan aula kantor Kecamatan Pitu yang notabene masih proses pembangunan tahap II dan penuh bisingnya hiruk pikuk peralatan pekerja. Selanjutnya beliau menyatakan bahwa MUI yang merupakan lembaga swadaya masyarakat yang beranggotakan para ulama, cendekiawan. MUI mempunyai tugas yang berat yaitu, pertama sebagai penjaga agama, kedua sebagai penjaga persatuan dan kesatuan ummat dan keutuhan negara dan yang ketiga menjadi mitra pemerintah. Pada akhir sambutannya Camat Pitu mengucapkan selamat bermusyawarah semoga dapat terpilih pengurus MUI Kecamatan Pitu yang baru dan amanah.

Acara inti pemilihan pengurus MUI Kecamatan Pitu dipimpin oleh Wakil Sekretaris MUI Kab. Ngawi, setelah ditunjuk formatur yang terdiri dari 7 orang, menyepakati untuk memilih Ketua Sdr. Imam Rohani dan Sdr. Nur Khoirudin sebagai Sekretaris, sedangkan formatur kepengurusan MUI Kecamatan Pitu Tahun 2024 – 2029 secara lengkap akan dimusyawarahkan lagi oleh Ketua dan Sekretaris terpilih dalam waktu dekat. Acara berjalan dengan tertib dan ditutup dengan do’a, semoga Musyawarah Kecamatan MUI di Pitu mendapatkan kemudahan dan ridha dari Allah SWT.

Author: Admin Saja

Salah satu Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Ngawi dan diresmikan sejak tanggal 25 Januari 1983