Juminah Gayeng

Pitu- Juminah merupakan sebuah akronim dari Jum’at Indah dan Berkah. Suatu kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari Jum’at dengan agenda Jum’at bersih dan Jum’at berkah. Bersih tentunya akan menjadikan kantor dan lingkungan sekitar terlihat indah. Dengan dikomandoni Bapak Camat Pitu Drs. Suparto secara langsung dan semangat kebersamaan membersihkan lingkungan luar kantor dan dalam ruangan kantor.

Selesai kegiatan bebersih kantor, dilanjutkan “sarapan gayeng” yang merupakan sodaqoh salah satu karyawan dengan memberikan sarapan, dimakan “bareng-bareng” dan tentunya diselingi humor khas warungan yang menjadikan suasana sarapan menjadi gayeng. Menurut Ardiansyah selaku Sekcam Pitu, “Sodaqoh sarapan ini tidak ada tuntutan menunya apa, yang penting keikhlasan dan harus di belikan di warung-warung yang ada di wilayah Kecamatan Pitu. Alhamdulillah dari hampir setahun yang lalu sampai dengan saat ini seperti menjadi rebutan sodaqoh, jadi setiap hari Rabu sudah ada yang WA saya inden untuk memberikan sodaqoh sarapan”.

Disaat sarapan, diselingi mengisi “Kencleng Jum’at Berkah” seikhlasnya yang nantinya akan dibelikan sembako di BUMDESMA Kecamatan Pitu dan selanjutnya disalurkan ke masyarakat wilayah Kecamatan Pitu secara bergiliran. Menurut Bapak Suparto Camat Pitu “Kegiatan Jum’at berkah ini selain sebagai wujud rasa syukur juga berfungsi merekatkan hubungan antar manusia berlandaskan rasa empati, kasih sayang dan persaudaraan dan Alhamdulillah rekan-rekan karyawan memahami bahwa sedekah itu tidak mengurangi harta”.

Untuk penyaluran Jum’at Berkah sendiri biasanya dilaksanakan sewaktu safari Jum’at di masjid-masjid dusun di Wilayah Kecamatan Pitu. Dan tidak menutup kemungkinan, dapat disalurkan apabila ada rekan karyawan yang terkena musibah. (AR7)

Author: Admin Saja

Salah satu Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Ngawi dan diresmikan sejak tanggal 25 Januari 1983