Giliran Monev Desa Pitu dan Kalang

Pitu, Jadwal minggu kedua kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) kegiatan pemerintahan desa di wilayah Kecamatan Pitu, berlokasi di Desa Pitu dan Desa Kalang. Minggu kedua ini hanya 4 desa yang tersisa belum dilakukan monev.

Desa Pitu

Suparto Camat Pitu mengikuti langsung kegiatan monev ke desa-desa tersebut dan bahkan mengikuti tinjauan ke lapangan terkait bidang pembangunan. Seperti biasanya monev di Desa memotret kegiatan pemerintahan desa bidang administrasi dan bidang pembangunan.

Menurut Ardiansyah Sekretaris Kecamatan Pitu, secara administrasi, buku-buku sudah lengkap namun ada beberapa yang belum diisi secara menyeluruh. Ardiansyah berpesan kepada Sekretaris Desa untuk mengontrol dan mengingatkan perangkat desanya untuk melengkapi administrasi khususnya buku induk penduduk dan buku pembangunan, serta LPJ kegiatan.

Sedangkan bidang pembangunan, menurut Wuryadi Kasi Pemberdayaan Masyarakat, yang dari Dana Desa dan Bantuan Keuangan (BK) APBD TA. 2022 sudah terselesaikan semua termasuk RTLH di Dusun Ngambong dan Dusun Watugidel. Untuk yang BK PAPBD TA. 2022 dalam tahap pengerjaan, prosesnya sekitar 60 proses dan minggu ini terselesaikan semua.

RTLH Dusun Watugudel

Kemudian pindah desa berikutnya yaitu monev ke Desa Kalang. Sebelum melaksanakan monev, telah disiapkan oleh Pemdes Kalang yaitu nasi thiwul khas branglor (sebutan untuk wilayah di utara Bengawan Solo) untuk disantap bersama, sambil ngobrol-ngobrol seputar pemerintahan desa.

Desa Kalang

Pun sama kegiatan pemerintahan desa yang dimonev meliputi bidang administrasi dan bidang pembangunan. Ardiansyah menyampaikan secara keseluruhan administrasi terkait buku-buku dan LPJ masih ada kekurangan, selanjutnya berpesan kepada Sekdes Kalang agar dikontrol perangkat desa yang menangani, terlebih tahun ini Pemdes Kalang juga diaudit terkait kegiatan pemerintahan desa dari Inspektorat Kabupaten Ngawi, untuk bisa lebih baik lagi.

RTLH Dusun Grojogan Desa Kalang

Lebih lanjut Wuryadi juga menyampaikan terkait bidang pembangunan, untuk fisik yang sumber Dana Desa yaitu TPT di Dusun Ngawen dan ketahanan pangan di Dusun Nglebur sudah selesai semua. Sedangkan yang bersumber dari dana BK APBD TA. 2022 sudah selesai semua termasuk RTLH Dusun Grojogan. Untuk BK PAPBD TA. 2022 Dusun Porong, Ngawen dan Grojogan juga sudah selesai tinggal pencairan dananya.

Desa Kalang
Pemberian paket sembako di Desa Kalang

Dan seperti biasanya, pada kesempatan monev ini juga dilakukan pembagian paket sembako kepada warga yang kurang beruntung di Desa Pitu dan Desa Kalang. Suparto langsung memberikan 10 paket untuk Desa Pitu dan selebihnya 10 paket Desa Kalang tersebut. Sedikit berbagi ini semoga benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. (AR7)

Pemberian sembako di Desa Pitu

Author: Admin Saja

Salah satu Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Ngawi dan diresmikan sejak tanggal 25 Januari 1983