Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Pitu Menghadiri RAT KSP Muslimat Al Jannah Firdausi

Pada hari Senin tanggal 6 Maret 2023 Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Pitu mendapatkan tugas untuk menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah wanita” Muslimat Al Jannah Firdausi” bertempat di rumah salah satu anggota koperasi Desa Ngancar. Mendasar UU no 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian bahwa RAT harus dilaksanakan minimal sekali dalam setahun, yg dilaksanakan pada awal tahun bulan Januari sampai bulan Maret. RAT bagi sebuah koperasi merupakan hal yg mutlak harus dilaksanakan karena RAT merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan koperasi. Selain itu RAT juga merupakan implementasi dan semangat yg harus hidup dalam koperasi yaitu asas kekeluargaan sebagai institusi pengambilan keputusan tertinggi dalam koperasi.

RAT membahas tentang laporan pertanggungjawaban pengurus, pengawas dan rencana kerja serta rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi. Dalam sambutannya Kasi Pemberdayaan Masyarakat menggarisbawahi bahwa RAT tidak sekedar menggugurkan kewajiban tapi juga mencari terobosan-terobosan baru terutama usaha sektor riil, jadi tidak SPP saja, Dalam Sektor riil diharapkan koperasi akan lebih cepat berkembang dan pinjaman tidak hanya diperuntukkan untuk konsumtif tapi juga untuk usaha.

Dalam RAT ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Koperasi Kabupaten Ngawi yakni Ibu Yetty Suhertin dan Ibu Puji Rahayu dalam sambutan beliau mengucapkan terima kasih atas kesiapan dalam pelaksanaan RAT. Dengan modal 25 juta dan SHU pada tahun 2022 sebesar Rp. 12.861.000 tentu tidak mudah bagi pengurus dalam pengelolaannya, untuk pinjaman jangan sampai dilakukan oleh orang lain selain anggota, Dan Alhamdulillah selama ini tidak terdapat kemacetan terkait angsuran. Ibu Yetty jg menyampaikan program dari Bapak Bupati Ngawi 1 koperasi 1 UKM membantu permodalan untuk usaha. Semoga Sukses.(wur)

Author: Admin Saja

Salah satu Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Ngawi dan diresmikan sejak tanggal 25 Januari 1983